SMA GRATI GEOGRAFI

Semua Catatan Bu Indah SMA NEGERI 1 GRATI

Sunday, January 1, 2012

Yuk Jaga Bumi Agar Tetap Hijau


8 Tips “HIJAU” untuk menjaga Bumi tercinta :

1. Jadilah konsumen yang bijaksana

Sebuah botol berisi 1,5 liter memerlukan lebih sedikit energi dan menghasilkan lebih sedikit sampah daripada tiga buah botol berisi 0,5 liter. Sama halnya, membeli kertas yang telah didaur ulang : mendaur ulang kertas menghemat sekitar 70 sampai 90% energi daripada memproduksi kertas baru, dan juga dapat mencegah kerusakan hutan.

2. Menggunakan kembali plastik belanjaan

Menggunakan kembali plastik belanjaan akan lebih menghemat energi dan sampah daripada menagmbil plastik belanjaan baru dari setiap toko, Sampah yang dihasilkan dari plastik belanjaan tidak hanya melepaskan karbondioksida dan gas metana ke atmosfer tetapi juga dapat menghasilkan polusi, pencemaran air tanah dan tanah

3. Gunakanlah barang-barang yang bisa didaur ulang

Kebanyakan barang-barang yang kita konsumsi menciptakan emisi rumah-kaca. Ketika anda makan siang dengan menggunakan kotak makan yang dapat digunakan lebih dari sekali daripada menggunakan kotak makan sekali pakai langsung buang, Anda telah menghemat energi untuk memproduksi satu kotak makan baru.

4. Mengkonsumsi makanan organik

Tanah-organik menangkap dan menyimpan karbondioksida lebih banyak daripada tanah di pertanian konvensional. Jika kita menanam jagung dan kedelai secara organik, kita akan menyerap lima ratus delapan puluh miliar pon karbondiksida yang ada di atmosfer.

5. Tanam sebatang pohon

Sebatang pohon dapat menyerap satu ton karbondioksida selama masa hidupnya dan dapat menyejukkan daerah di sekitarnya kaena memproduksi oksigen.

6. Hemat bahan bakar

Apabila menghidupkan AC, pastikan dahulu semua jendela sudah tertutup rapat sehingga ruangan didalam mobil lebih cepat adem dan kita dapat menghemat energi yang dipakai untuk menyalakan AC. Jika kita menyalakan AC ketika pintu / jendela masih terbuka, ruangan dalam mobil akan lebih lama ademnya dan ini membutuhkan energi yang lebih banyak. Anda juga dapat mematikan mesin kendaraan anda jika berhenti untuk waktu lebih dari satu menit.

7. Gunakanlah transportasi umum

Dengan menggunakan sarana transportasi secara maksimal, diharapkan lalu lintas kendaraan di jalan raya menjadi minimal sehingga gas buang yang dikeluarkan oleh kendaraan menjadi berkurang seiring berkurangnya sumber gas buang tersebut.

8. Jangan membakar sampah daun-daunan

Sampah daun-daunan sebaiknya jangan dibakar karena pembakaran membuat udara di sekitarnya menjadi kotor dan tidak sehat. Sampah daun-daunan sebaiknya dijadikan kompos saja, yang selanjutnya dapat dipakai sebagai pupuk untuk tanaman.

Catatan Bu Indah Geografi SMA Negeri 1 Grati

3 comments:

semakin hijau,,
semakin sehat,,,
 
Semoga saja kita dapat menjaga kehijauan bumi kita................
 
ass...

Bu, tolong tampilkan keberadaan mesin waktu
yang di kemumkakan john titor (penjelajah waktu).
 

Post a Comment