SMA GRATI GEOGRAFI

Semua Catatan Bu Indah SMA NEGERI 1 GRATI

Sunday, December 11, 2011

Bumi Bisa Alami Perubahan Iklim Yg Membahayakan


Sebuah studi baru yang dilakukan Badan Antariksa Amerika (NASA) memperingatkan bahwa bumi abad ini bisa mengalami perubahan iklim yang cepat dan membahayakan jika tingkat pemanasan global yang diakibatkan perbuatan manusia mencapai apa yang diakui secara internasional sebagai "batas aman" yaitu 2 derajat Celcius.

Para periset NASA memeriksa kondisi iklim prasejarah selama periode interglasial terakhir - waktu antara zaman es - dan membandingkannya dengan periode interglasial yang dialami sekarang ini.

Periode interglasial terakhir berakhir sekitar 115.000 tahun lalu ketika suhu 1 derajat Celcius lebih rendah dari sekarang ini, dan ketinggian laut 6 meter lebih tinggi.

Para ilmuwan mengatakan dengan melihat bagaimana iklim prasejarah menanggapi perubahan alam memberi mereka pengetahuan lebih jauh dalam menentukan tingkat pemanasan global akibat perbuatan manusia bagi dunia sekarang ini.

Pemimpin studi NASA James Hansen mengatakan temuan itu menunjukkan bahwa iklim bumi lebih sensitif daripada yang diperkirakan sebelumnya baru-baru ini. Dia menyebut gagasan untuk membatasi pemanasan global buatan manusia menjadi 2 derajat Celsius lebih tinggi di atas tingkat pra-industri sebagai "bencana."


Catatan Bu Indah SMA NEGERI 1 GRATI

2 comments:

nur saidah x.7
makin banyak materi, makin siip lho bu...
 
Memang bumi mengalami perubahan yang ikliim yang cepat gletser saja sudah mencair lebih banyak dari pada yang diperhitungkan para peneliti entah kurang lebih 10 - 15 tahun lagi akan semua gletser di utub akan mencair..........
 

Post a Comment